Akibat Reklamasi Ikan Di Teluk Jakarta Menghilang

b1

Lipuran6Bola.com , Agen Bola Terbaik – Sekretaris Jenderal Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia Jakarta, Kuat Wibisono menegaskan, ikan di Teluk Jakarta mulai menghilang setelah berjalannya pengerjaan proyek reklamasi di pesisir utara Ibu Kota ini.

“Saya katakan, ikan di Teluk Jakarta masih ada, cuma enggak kaya dulu, sebelum ada reklamasi,” kata Kuat.

Mega proyek reklamasi ini seperti menjadi momok bagi warga pesisir Jakarta yang menggantungkan hidupnya di laut. Pasalnya, pembangunan 17 pulau buatan ini membentang dari Barat ke Timur, tepat berada di lokasi pencarian ikan para nelayan.

Dengan berkurangnya penghasilan ikan dari Teluk Jakarta, Kuat mengungkapkan, pasokan ikan di Pasar Ikan Muara Angke dikirim dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur serta Lampung.

“Ikan-ikan yang ada itu dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, dari Jawa Timur,” ujarnya.

Menurut Kuat, lantaran ikan tangkapan yang semakin terus berkurang, dirinya serta kawan-kawan nelayan lainnya terpaksa mesti melaut lebih jauh lagi dengan kapal yang berukuran besar dan ongkos yang tak kecil pula.

“Masih tetap melaut, tapi agak jauh sampai ke Cilincing. Kadang sampai Indramayu pakai kapal yang lebih besar,” tukas dia.

Share This: