Beberapa Mitos Dan Fakta Mengenai Kanker Rahim

3

Lipuran6Bola.com , Agen Bola Terbaik – Banyak beredarnya mitos mitos atau biasa di sebut kepercayaan daerah merupakan hal yang memang wajar di indonesia, tetapi terkadang mitos yang beredar dan tersebar luas di masyarakat belum tentu benar kenyataannya.

Mitos tentang kanker serviks misalnya, penyakit yang di sebabkan oleh Human Papilloma Virus/HPV onkogenik ini sangat ditakuti oleh semua wanita ini karena selain dapat menyebabkan kemandulan penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu sebaiknya para masyarakat lebih selektif dengan informasi yang didapat. Bukannya itu menjauhkan anda tapi hal itu mendekatkan anda dari kanker serviks. Berikut mitos dan fakta tentang kanker serviks:

1. Kanker Serviks Tidak Dapat Dicegah

Faktanya kanker serviks merupakan salah jenis kanker yang dapat dicegah, infeksi karena Human Papilloma Virus (PHV) dapat dicegah dengan pemberian vaksin HPV, menghindari melakukan seks bebas atau berganti-ganti pasangan, merokok, melakukan pap smear juga dapat menjadi pencegahan terjadinya kanker, asalkan dilakukan secara teratur dan para wanita pun dapat mencegah sedini mungkin jika di temukan adanya sel-sel abnormal.

2. Kanker Serviks Merupakan Penyakit Turunan

Faktanya banyak masyarakat yang salah presepsi tentang ini, penyakit kanker serviks bukan termasuk penyakit yang diturunkan atau berasal dari gen orang tua. Menurut dr Andi Darma Putra, SpOG(K)  “kanker serviks murni di sebabkan oleh virus, tidak lebih disebabkan oleh faktor genetik”

3. Kanker Serviks Tidak Akan terjadi Pada Wanita Muda

Faktanya kanker serviks dapat menjadi ancaman bagi semua kalangan wanita tidak peduli umur berapapun itu.

4. Kanker Serviks Mudah Untuk Di Deteksi

Faktanya mendeteksi kanker serviks merupakan hal yang sulit, hal itu dikarenakan tidak adanya tanda-tanda atau gejala apapun yang terjadi pada fase awal terjangkit kanker serviks. Gejala yang timbul akibat kanker serviks akan terlihat pada stadium lanjut, yaitu antara stadium 3 – 4.

5. Remaja Putri Tidak Perlu Melakukan Vaksinasi Kanker Serviks

Faktanya pemberian vaksinasi pada remaja merupakan hal sangat perlu untuk dilakukan, selain berperan besar dalam mencegah sejak dini terjangkitnya kanker serviks, hal tersebut dikarenakan pemberian vaksin dapat memperkuat sistem pertahanan dalam tubuh.

6. Efek Pemberian Vaksinasi HPV Sangat Berbahaya

Faktanya tidak ada efek berbahaya yang ditimbulkan dari pemberian vaksinasi kenapa wanita yang melakukan pencegahan kanker serviks, namun efek samping yang timbul akibat pemberian vaksinasi merupakan efek yang biasa seperti bengkak dan memerah pada bagian area penyuntikan vaksin.

Dan terakhir, Kanker seviks sama sekali tidak ada hubungannya dengan melakukan keramas, meminum air es, dan benturan. Faktor resiko yang menyebabkan timbulnya kanker ada faktor gen (riwayat kelurgaan), gaya hidup, merokok, makanan, dan faktor eksternal lainnya misalnya HPV pada kanker leher rahim

Share This: