Ilmuan Menilai Roti Ungu Lebih Banyak Gizi Dari Roti Putih

5bcc6b509ef0e25a6284cef48433246a

Situs Berita Online , Dunia Kesehatan – Meski rasanya lembut dan nikmat, roti putih disebut-sebut hanya mengenyangkan namun tak memberi asupan protein dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Roti putih juga mengandung kalori yang bisa meningkatkan berat badan.

Sederet informasi tersebut tentu menimbulkan kecemasan. Untungnya kini ditemukan roti jenis baru yang lebih menyehatkan. Profesor Zhou Weibiao, peneliti pangan dari Singapura, berhasil mengembangkan roti yang teksturnya selembut roti putih namun dengan warna keunguan serta lebih sehat. Roti temuan Prof Zhou itu diberi anthocyanin, pigmen yang biasa ditemukan dalam makanan super kaya antioksidan seperti anggur dan blueberry. Anthocyanin dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan penyakit saraf serta bisa membantu mengontrol diabetes, dilansir dari laman Sheknows, Selasa (22/3/2016).

Untuk menghasilkan roti spesial itu, Prof Zhou mengekstraksi anthocyanin dari beras hitam dan dimasukkan ke dalam adonan roti biasa. Hasilnya, tekstur roti tetap lembut seperti roti putih namun warnanya jadi keunguan.

Anthocyanin tak hanya membuat tampilan roti jadi unik, melainkan menyebabkan reaksi kimia yang baik, roti jadi 20 persen dicerna lebih lambat dari roti putih sehingga kadar gula darah dalam tubuh tak meningkat. Anda pun akan kenyang lebih lama dan antioksidannya baik bagi tubuh.

Sayangnya roti ungu ini belum tersedia di pasaran, namun beberapa perusahaan besar telah menunjukkan ketertarikan. Berdoa saja roti sehat ini akan mampir ke Indonesia dalam waktu dekat.

Share This:

Updated: May 23, 2020 — 3:10 pm