Ini Alasan Kenapa Kita Sering Merasa Haus

19

Liputan6bola.com , Agen Bola Terbaik – PERNAHKAH Anda merasa sudah cukup banyak minum, tapi rasa haus tidak juga teratasi? Itu bisa menjadi pertanda Anda menderita kondisi kesehatan tertentu, lebih dari sekadar kekurangan cairan.

“Setiap kondisi yang mengubah air atau keseimbangan garam dalam tubuh bisa memicu rasa haus,” menurut dokter Laura M Hahn, MD, ahli layanan primer di Mercy Medical Center. Bila Anda sering merasa haus lebih dari biasanya, Anda mungkin mengidap beberapa kondisi berikut.

Diabetes

Diabetes dapat meningkatkan risiko dehidrasi, bila tidak diketahui lebih dini. Saat kadar gula darah terlalu tinggi, tubuh memproduksi urin lebih banyak untuk membuang kelebihan glukosa. Gejala sering buang air kecil karena diabetes juga akan menyebabkan Anda sering merasa kehausan.

Mulut kering

Mulut kering, yang dikenal juga sebagai xerostomia, sering dikaitkan dengan kekurangan cairan. Kondisi ini merupakan hal yang abnormal akibat ketidakseimbangan di mulut sehingga air liur berkurang. Mulut kering juga bisa disebabkan penggunaan obat, seperti obat alergi dan sakit kepala tertentu.

Anemia

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rasa haus bisa disebabkan saat darah haid banyak keluar. Banyaknya darah yang keluar bisa memicu anemia dan akan memicu rasa haus lebih buruk lagi. Tidak hanya anemia, kondisi hipotiroid juga bisa menimbulkan rasa haus yang berlebih.

Menstruasi

Saat darah haid deras keluar, Anda pasti selalu ingin minum. Untuk hal ini terbilang wajar, karena peningkatan estrogen dan progesteron dapat mempengaruhi volume cairan tubuh. Jadi, kehilangan banyak darah ketika menstuasi dapat memicu rasa haus.

Tekanan darah rendah

Stres yang kronis atau berkepanjangan dapat membuat kelenjar adrenal tidak bekerja yang memicu tekanan darah rendah, demikian seperti dikutip dari Prevention, Sabtu (2/4/2016). Ini dapat menyebabkan Anda sering merasa pusing, depresi, cemas, dan kehausan yang ekstrem.

Rasa haus timbul karena tubuh menambahkan lebih banyak air ke darah dalam upaya meningkatkan tekanan darah Anda. Jadi, satu-satunya solusi jangka panjang untuk hal ini adalah mengurangi dan memanajemen stres Anda.

Share This: