Keren, Jaguar Hidupkan Lagi Mobil Balap Klasik XKSS, Dijual Rp20 M

20

Liputan6bola.com , Agen Bola Terbaik – Jaguar D-Type coupe dikenal sebagai mobil balap andal di masanya. Mobil ini diproduksi di pabrik Browns Lane, Inggris, dengan spesifikasi balap untuk bertarung di Sirkuit Le Mans, Prancis.

Sayangnya, tidak semua unit D-Type terjual kala itu. Ada 16 unit yang tersisa. Nah, untuk menghidupkan kembali roh balap D-Type, Jaguar merombak unit yang tersisa itu dengan menggunakan spesifikasi mobil jalanan lalu diberi nama XKSS.

Di tengah perjalanan, bencana terjadi. Sembilan dari 16 mobil itu terbakar sedangkan sisanya terjual. Sembilan mobil itu dibiarkan begitu saja sampai akhirnya Jaguar memutuskan untuk memperbaiki dan menjualnya kembali.

Terdorong dari suksesnya penjualan model kelanjutan E-Type menggugah Divisi Mobil Klasik Jaguar untuk menghidupkan kembali XKSS. Sembilan mobil tersebut pun dirakit ulang secara manual dan akan dijual ke para kolektor mobil klasik. Per unitnya akan dibanderol USD1,5 juta atau hampir Rp20 miliar.

Agar nyaman digunakan di jalanan, beberapa komponen balap pada D-Type dilucuti. Winshield dan pintu mobil menggunakan desain baru. Partisi di kabin dan fin di belakang jok pengemudi dihilangkan. Meski begitu secara keseluruhan, tampang mobil ini masih tetap sama dengan D-Type.

Jaguar akan mengirim XKSS ke para pemesan pada awal 2017.

Share This: