Kiat – Kiat Ibu Hamil Jaga Janin Dan Diri Agar Lahir Sehat

b3

Lipuran6Bola.com , Agen Bola Terbaik – Selama menjalani masa kehamilan, seorang calon ibu wajib memerhatikan kandungannya. Tujuannya tidak lain untuk memantau kesehatan dirinya dan sang janin selama 9 bulan mengandung.

Spesialis Dokter Kandungan dr Adhitya Indrapraja SpOG M.Kes dari Siloam Hospital Lippo Cikarang memaparkan, waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan semasa kehamilan. Berikut ulasannya, berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan oleh WHO.

Pemeriksaan kehamilan merupakan kegiatan penting karena dapat memonitoring secara menyeluruh, baik mengenai kondisi ibu maupun janin yang sedang dikandungnya. Setiap 4 minggu sekali dari saat pemeriksaan pertama kali hingga usia kehamilan 28 minggu. Berikutnya, setiap 2 minggu sekali dari usia kehamilan 28 minggu-36 minggu. Di akhir kehamilan, setiap satu minggu sekali dari usia kehamilan 36 minggu hingga waktunya melahirkan.

Lakukan pemeriksaan darah rutin, tekanan darah, golongan darah, rhesus. pap smear, gula darah, VDRL ( Veneral Diseases Research Laboratory) dan urinalisis lengkap.

Jangan lupa imunisasi hepatitits B (HBs Ag), TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus,Herpes Simplek Virus),

Ibu hamil juga dapat mengikuti kelas laktasi sebagai persiapan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Saat mengikuti kelas, calon ibu diajarkan berbagai aspek menyusui, termasuk berbagai permasalahan yang sering terjadi dan cara menanggulanginya.

Kegiatan senam hamil pun harus dilakukan bagi ibu hamil saat memasuki usia trimester ketiga. Ini dapat memengaruhi kondisi fisik maupun mental ibu, agar proses persalinan lancar.

Share This: