Manfaat Konsumsi Buah Segar Terhadap Penyakit Jantung

3

Lipuran6Bola.com , Agen Bola TerbaikKonsumsi buah beberapa porsi sehari memang disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Dari sekian banyak manfaat dari nutrisi buah, studi baru mengonfirmasi manfaat konsumsi buah terhadap penyakit jantung.

Orang-orang yang biasa makan buah segar secara rutin ditemukan cenderung tidak lebih rentan alami serangan jantung dan stroke daripada mereka yang jarang makan buah segar. Kandungan potassium, serat makanan, antioksidan, dan banyak senyawa aktif lainnya dianggap menjadi faktor pendukungnya.

Studi internasional yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine tersebut menemukan bahwa dalam 100 gram porsi buah sehari mengurangi sepertiga kematian terkait penyakit jantung, baik pada laki-laki maupun perempuan.

“Keterkaitan antara konsumsi buah dan risiko penyakit jantung nampak lebih kuat di China, di mana konsumsi buah masih sangat sedikit daripada di negara berpendapatan besar seperti Inggris dan AS,” kata ketua penulis Huaidong Du dari University of Oxford di Inggris,

Konsumsi buah, utamanya apel atau jeruk juga terkait dengan banyak faktor, seperti pendidikan, kesehatan pada lebih rendahnya tekanan darah, kadar gula darah, kebiasaan tidak merokok, peneliti menambahkan.

“Kebiasaan makan buah yang mulai meluas di China ternyata dapat mencegah hampir setengah juta kematian akibat kardiovaskular tiap tahunnya, termasuk 200.000 orang sebelum usia 70 tahun. Tak hanya itu, penurunan pada kasus strok non fatal dan serangan jantung juga cukup besar,” tambah peneliti lain, Zhengming Chen.

Penelitian dilakukan dalam ruang lingkup besar yang melibatkan 500.000 orang dewasa di seluruh dunia dari 10 lokasi urban dan pedesaan China. Peneliti melacak rekaman kematian dan rekaman penyakit di rumah sakit dan peserta dipastikan tidak mengalami riwayat penyakit jantung atau menjalani pengobatan hipertensi saat pertama kali mengikuti studi yang dilakukan selama 7 tahun tersebut.

Share This: