Menag Beri Tips Buat Para Siswa-Siswi Agar Sukses Kerjakan UN

4

Liputan6bola.com , Agen Bola Terbaik – Pada hari pertama pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat, Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin meninjau dua Madrasah Aliyah Negeri (MAN), yakni MAN 13 Jakarta dan MAN Insan Cendekia Tangerang Selatan (Tangsel). Kedua madrasah tersebut pada UN 2016 ini menerapkan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Saat bertandang di kedua madrasah, Lukman menyempatkan diri untuk berdialog dengan para peserta UN, termasuk memberikan motivasi dan semangat kepada siswa. Tak lupa dia juga memberikan sedikit pesan terkait tips mengerjalan soal UN.

“Ketelitian dan kecermatan menjadi syarat mutlak untuk mengerjakan soal secara maksimal. Kerjakan soal yang mudah dulu,” ucapnya di hadapan siswa-siswi MAN Insan Cendekia, Tangsel, Senin (4/4/2016).

Dia mengingatkan, para peserta UN harus paham terhadap teknis ujian, khususnya UNBK. Sehingga, ucap Lukman, jika ada hal-hal yang kurang yakin terhadap tata cara ujian, jangan sungkan tanyakan kepada guru atau pengawas.

“Jangan tergesa-gesa ketika mengerjakan soal. Harus yakin kita mampu,” ujarnya.

Selain ketelitian dan kecermatan, Lukman juga mengimbau para peserta untuk tak lupa berdoa. Dia menjelaskan, ada dua jenis doa yang bisa dipanjatkan untuk meminta kelancaran mengerjakan UN.

“Ada doa minta untuk dimudahkan, tapi ada juga doa supaya diberikan kekuatan kemampuan menjawab semua tantangan. Jadi tak hanya minta kemudahan, tetapi juga minta kekuatan,” tukasnya.

Share This: