NCICD Jawaban Dari Persoalan Reklamasi

1

Lipuran6Bola.com , Agen Bola Terbaik – Dalam rapat terbatas dengan para menterinya yang bertemakan ‘Reklamasi Jakarta National Capital Integrated Coastal Development (NCICD)’ Presiden Joko Widodo memutuskan mendukung adanya NCICD sebagai jawaban dari permasalahan reklamasi.

“Pembangunan pesisir ibu kota negara atau NCICD yang sudah digagas cukup lama ini akan menjadi sebuah jawaban untuk Jakarta,” ujar Jokowi di Kantor Kepresidenan.

Alasan Jokowi mendukung NCICD karena mendapat data jika penurunan muka tanah di DKI sangat mengkhawatirkan, yaitu 7,5 sampai 12 sentimeter dari permukaan air laut. Artinya, jika tidak ada reklamasi, kawasan Jakarta Utara kemungkinan akan tenggelam.

“Diperkirakan seluruh Jakarta Utara akan di bawah permukaan laut pada 2030. Akibatnya, pada saat tersebut 13 sungai yang melewati Jakarta tidak bisa alirkan airnya ke Teluk Jakarta,” terangnya.

Namun, dalam pelaksanaannya Jokowi menegaskan pihak swasta sama sekali tidak boleh campur tangan dalam proyek tersebut.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Presiden Jokowi ingin proyek reklamasi dikendalikan oleh pemerintah.

“Presiden menekankan bahwa proyek ini tidak boleh dikendalikan swasta, tapi sepenuhnya dalam kontrol pemerintah. Pemerintah dalam hal ini pusat dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat,” ujar Pramono.

Share This: