Penyakit Pada Orang Kurus

3

Lipuran6Bola.com , Agen Bola TerbaikCermin dan timbangan badan bisa jadi hanya sebagian dari kisah tubuh Anda. Anda bisa selalu terlihat langsing namun bila tidak menjaga tubuh, Anda bisa sama tidak sehatnya dengan orang yang terkena obesitas.

Fenomena ini disebut juga dengan “skinny fat” yang terjadi pada 1 dari 4 orang dengan berat tubuh normal, menurut sebuah studi di tahun 2008. Mereka yang terkena “skinny fat” terlihat sehat namun mempunyai kadar lemak tubuh yang tinggi dan peradangan. Penyakit yang tersembunyi di balik tubuh yang ramping berupa risiko terkena diabetes dan permasalahan kardiovaskular. Memeriksa tekanan darah, kolesterol dan gula darah adalah satu-satunya cara mengetahui apakan Anda mempunyai “skinny fat” karena tidak akan terlihat pada tanda-tanda fisik. Namun ternyata, ada beberapa tanda yang bisa Anda ketahui.

Lemak di Tengah Tubuh

Bila Anda yang mempunyai berat tubuh normal lalu merasa ukuran ikat pinggang mulai membesar dan celana terasa ketat di sekitar pinggang, Anda mungkin mempunyai “skinny fat”. Menurut sebuah studi di Annals of Internal Medicine, orang dengan berat badan ideal yang mempunyai kelebihan lemak di daerah tengah tubuh mempunyai resiko kematian lebih tinggi dibanding mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas! Lemak di tengah tubuh lebih buruk dari lemak di daerah lain.

Jarang Berkeringat

Orang yang kurus masih bisa mempunyai kadar lemak tubuh yang tinggi terutama bila mereka kekurangan massa otot. Dan bila Anda tidak bisa mengingat kapan terakhir kali Anda berkeringat, bisa jadi Anda sudah mempunyai si lemak tubuh tersebut. Saat orang tidak mempunyai masalah berat badan mereka cenderung tidak melakukan olahraga, padahal inilah yang jadi penentu sehat tidaknya Anda. Sempatkan untuk melakukan olahraga secara regular seperti jalan, bersepeda atau lari yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Tak hanya itu, olahraga teratur juga dapat membentuk otot, membantu metabolisme dan membakar lemak buruk.

Sejarah Keluarga

Bila Anda mempunyai orangtua atau saudara yang mempunyai diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol, apapun berat badannya, Anda kemungkinan besar juga punya resiko yang sama. Dengan menjaga berat normal, Anda bisa mengurangi resikonya, tapi akan lebih efektif bila dibarengi dengan diet seimbang dan olahraga. Diskusikan dengan dokter Anda cara untuk menghindari masalah kesehatan ini, karena bila Anda sudah hidup sehat namun masih mempunyai penyakit seperti tekanan darah tinggi atau gula darah meningkat, obat-obatan bisa mengkontrol penyakit ini.

Tidak Mengkonsumsi Makanan Sehat

Anda mungkin punya keistimewaan untuk menyantap burger dan soda tanpa khawatir bertambah berat badan. Atau mungkin Anda menghitung kalori tapi memakan roti putih dan junk food dibanding buah dan sayuran. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula dan lemak dan tidak diimbangi dengan asupan vitamin, serat dan protein baik, dapat berakibat buruk untuk organ dan meningkatkan risiko diabetes, gagal jantung, kanker dan lainnya.

Share This: