Plat Sitaan Dijadikan Pohon Cemara Oleh Polisi

698d27ae-9d8a-4abf-96a4-8babffc87af0

SitusBeritaOnline , Berita Unik – Plat hasil sitaan dari pengendara nakal di bandung telah di sulap menjadi pohon natal setinggi 4 meter yang terpampang di halaman depan mapolrestabes bandung.

Pelat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) itu dilas menempel di tiang penyangga yang disusun menjadi kerucut seperti pohon cemara. Keberadaan Monumen Pohon TNKB tersebut diresmikan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Angesta Romano Yoyol pada 21 Februari 2016.

“Monumen Pohon yang di buat dari TNKB ini sebagai contoh kepada pengendara kendaraan roda dua dan empat bahwa plat nomor tak sesuai spesifikasi jangan digunakan. Kalau masih ada pengendara memasang pada kendaraannya, tentu kami sita,” ucap Wakasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Santiadjie di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Jumat (26/2/2016).

Adjie menyebut pelat nomor yang dikreasi polisi menjadi monumen tersebut merupakan barang bukti sitaan yang dikumpulkan sejak 2015 hingga awal 2016. Selama ini pelat nomor hasil sitaan sengaja tidak dimusnahkan setelah muncul ide membuat Monumen Pohon TNKB yang diprakasai Kasatlantas AKBP Kristiadi bandung.

“Jumlah plat yang ada pohon tersebut sekitar seribu pelat nomor,” kata Adjie.

Menurut Adjie, pada 2015 pihak Satlantas Polrestabes Bandung menyita 71 pelat nomor sepeda motor dan 155 pelat nomor mobil, lalu pada awal 2016 menyita 636 pelat nomor sepeda motor dan 138 pelat nomor mobil.

Dia menjelaskan, pelat nomor tidak sesuai ketentuan itu terdiri beragam wujud. Ada nomor dan huruf yang sengaja disusun berdekatan sehingga terbaca menjadi suatu kata. Juga ada pelat nomor kendaraan berdesain kotak. Pelat nomor kendaraan sesuai spesifikasi atau resmi itu, sambung Adjie, dikeluarkan oleh Korlantas Mabes Polri.

“Monumen Pohon TNKB ini sekaligus mengingatkan kepada pengendara agar segera mengganti pelat nomor kendaraan tidak resmi atau tak sesuai spek. Kami selama ini bertindak tegas dengan melakukan penilangan terhadap pengendara yang memasang pelat nomor berbentuk aneh-aneh,” ujar Adjie.

Share This:

Updated: May 23, 2020 — 3:13 pm