PLN Diminta Tak Padamkan Listrik Selama UN 2016

16

Liputan6bola.com , Agen Bola Terbaik – Mendukung pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo dan sekolah-sekolah meminta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak melakukan pemadaman listrik selama ujian nasional (UN) 2016 berlangsung.

Ketua Panitia UN 2016 Kota Solo, Aryo Wisyandoko, menyebutkan dari Dikpora telah melakukan koordinasi dengan PLN, juga sudah memberikan surat tertulis meminta agar PLN tidak memadamkan listrik terutama di sekitar sekolah saat UN sedang berlangsung.

“Pelaksanaan UN 2016 untuk SMA/SMK dimulai pada Senin–Kamis (4–7 April),” jelas Aryo kepada wartawan, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/4/2016).

Pihak sekolah, lanjut Aryo, juga mengimbau pihak sekolah bisa menyiapkan genset sebagai bentuk antisipasi jika sewaktu-waktu ada pemadaman mendadak karena sesuatu hal. Meski, sebenarnya tidak wajib.

“Genset juga diperlukan. Jika gunakan laptop, saat ujian listrik padam tidak ada tidak pengaruh. Namun, tetap saja banyak sekolah yang juga melakukan antisipasi demhan menyediakan genset,” papar Aryo.

Selain itu, pihak Dikpora Kota Solo juga meminta pada masing-masing sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk menyediakan satu server cadangan. Itu sebagai bentuk antisipasi jika ada kesalahan teknis saat pelaksanaan UNBK.

Aryo melanjutkan, ada 13.366 siswa SMA sederajat yang akan mengikuti UN 2016. Pelaksanaannya ada dua metode yakni computer based test (CBT) dan paper based test (PBT).

“Sedangkan khusus SMK, pelaksanaan UN ditambah satu hari untuk ujian teori kejuruan,” terang Aryo.

Share This: