Teluk Jakarta Dari Dulu Sudah Tercemar Logam Berat

1

Lipuran6Bola.com , Agen Bola TerbaikGubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membantah proyek reklamasi Teluk Jakarta akan menganggu mata pencaharian para nelayan di sekitarnya. Ahok mengatakan sejak sebelum reklamasi dijalankan, kondisi perairan di Teluk Jakarta sudah tercemar dan jumlah ikan tak banyak.

“Sekarang saya tanya, sebelum reklamasi kamu juga sudah susah cari ikan di Teluk Jakarta, mana ada ikan di Teluk Jakarta, kamu kira teluk di Belitung?” kata Ahok.

Ia juga menyatakan bahwa ikan juga tidak banyak ikan di wilayah Marunda, Jakarta Utara. Selain itu, untuk produksi tambak kerang hijau, Ahok mengatakan seharusnya sudah dilarang karena kandungan logam berat yang melebihi ambang batas normal.

“Kerang hijau di atas 15 persen, di atas ambang batas logam berat. Sebetulnya tuh kerang hijau kalau bukan karena masyarakat, sudah saya tutup. Sekarang mana ahli lingkungan hidup, sekarang kamu periksa kerang hijau di situ, boleh dikonsumsi enggak sebetulnya? Seluruh kerang hijau enggak boleh dikonsumsi, cuma karena rakyat miskin,” jelas dia.

Ahok pun berencana membangun rumah susun di Kepulauan Seribu untuk para nelayan. Selain itu, ia juga menjanjikan sejumlah fasilitas bagi nelayan terdampak reklamasi, di antaranya, kapal gratis, tambak ikan, dan transportasi gratis dari dan menuju Jakarta.

“Makanya sekarang yang jadi masalah, di sana budidaya rumah di mana. Nah, ini saya mau bangun apartemen di Pulau Seribu, nelayan tinggal di situ. Tambak saya kasih, kapal saya kasih, naik kapal, naik bus tidak bayar ke Jakarta. Dan harga beras di sana saya jamin sama dengan Jakarta, saya kirim dengan kapal saya,” tandasnya.

Share This: