Waspada, Jangan Sampai Salah Pilih Garam

9

Liputan6bola.com , Agen Bola Terbaik – Konsumsi garam berlebih telah disalahkan sebagai penyebab dari meningkatnya penyakit tidak menular. Namun, masalah ini bukan hanya terkait jumlah, tapi bisa juga karena pilihan garam tambahan yang salah dalam diet harian.

Di antara jenis lain, garam yang didapat langsung dari laut dianggao paling baik dibandingkan garam tambang atau sintetis, di mana sering ditemukan dalam makanan diproses saat ini.

“Garam laut membawa banyak mineral dari permukaan bumi yang dibawa penguapan dan hujan sampai ke laut. Dibandingkan garam tambang atau yang melalui proses pengolahan panjang, garam laut jauh lebih baik untuk kebutuhan manusia,” kata pakar nutrisi, Emilia Achmadi, dalam acara acara peluncuran minuman berbahan dasar garam laut Nu Oceana, di Jakarta, belum lama ini.

Meski terkadang lebih mahal daripada garam tambang, garam laut bisa membawa puluhan mineral yang bisa bermanfaat bagi manusia, kata Emilia. Oleh karena itu, menambahkan garam laut ke dalam diet bisa menjadi cara untuk memastikan kesehatan.

“Yang terpenting sebenarnya adalah memilih garam yang baik dikonsumsi, bukan justru membatasi konsumsi garam sama sekali karena tubuh kita sangat membutuhkannya,” katanya sambil menambahkan bahwa garam memiliki banyak fungsi, di antaranya mencegah ketegangan otot atau kram sampai osteoporosis.

Share This: